Pemberangkatan Haji Tahun Ini, Prioritaskan Jamaah Tertunda Tahun 2020

Pemberangkatan Haji Tahun Ini, Prioritaskan Jamaah Tertunda Tahun 2020

Radarcirebon.com - Pemerintah Arab Saudi memastikan membuka ibadah haji tahun ini. Pemerintah Indonesia dipstikan akan memberangkatkan jamaah haji, meskipun belum mendapat kuota resmi.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Hilman Latief mengatakan, untuk jamaah yang akan diberangkatkan yaitu kelompok yang tertunda pada tahun 2020. Dan Kemenag akan melakukan pemilihan disesuaikan dengan kuota haji.

Masih Menurut Hilman,\"Berdasarkan data kami maka yang berangkat 2022 adalah jamaah kita yang berhak di tahun 2020 atau jamaah tertunda 2020\".

Hilman menuturkan, untuk jamaah haji berusia 65 tahun pada tahun ini belum bisa diberangkatkan, walaupun berstatus sebagai jamaah tertunda 2020. larangan tersebut berdasarkan aturan yang dikeluarkan oelh pemerintah Arab.

BACA JUGA:

“Ini juga agak berbeda dengan umrah. Saudi ingin lebih menyakinkan pada pelaksanaan haji nanti jamaah bisa lebih selektif, kisaran usia karena pandemi belum dicabut sehingga jamaah yang usianya di atas 65 tahun berdasarkan pengumuman tersebut belum bisa diberangkatkan,” jelasnya.

Sedangkan Menag Yaqut Cholil Qoumas mengungkapkan bahwa Kerajaan Arab Saudi resmi mengumumkan penyelenggaraan haji tahun 2022 dengan kuota 1 juta jamaah. Angka ini naik dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai 60 ribu jamaah.

Menag Yaqut menyampaikan rasa syukur terkait adanya kepastian keberangkatan jamaah haji. “Syukur alhamdulillah, jamaah haji Indonesia bisa berangkat tahun ini. Ini kabar yang sangat ditunggu jamaah haji di tanah air,” ujar Yaqut dalam keterangannya, Sabtu, 9 April 2022.

Berita berlanjut di halaman berikutnya:

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: